Tuesday, May 5, 2020

Membuat Animasi 3D Menggunakan Blender




1.     Pertama buka aplikasi blender terlebih dahulu ,lalu di menu atas klik Blender Render dan ubah ke Cycles Render.

2.     Setelah mengubahnya ke Cycles Render kita akan membuat water container-nya terlebih dahulu. Karna saya ingin membuat container pada air mancurnya berbentuk lingkaran maka saya hapus terlebih dahulu kubusnya dengan cara klik X pada kubus yang ada lalu klik Shift+A dan pilih Circle pada Mesh untuk membuat lingkarannya.

3.     Klik lingaran yang sudah kita buat lalu tekan Tab untuk mengubahnya ke Edit Mode dan klik F untuk menambahkan permukaan setelah itu klik Tab lagi untuk mengembalikannya ke Object Mode.

4.     Lalu klik S untuk memperbesar lingkaran dan geser mouse anda sesuaikan dengan ukuran yang anda mau.

5.     Setelah itu pilih Object Modifiers yang ada disamping kanan atas dan pilih Solidify Modifier, atur Thicknes pada 0,1 lalu klik Apply.

6.     Lalu klik Tab untuk pindah ke Edit Mode lalu pilih Face Select dan klik kanan pada lingkaran lalu klik X dan pilih Only Faces untuk menghapus permukaan atas dan klik Tab lagi untuk kembali ke Object Mode.

7.     setelah itu klik kembali Object Modifiers yang ada di samping kanan atas lalu pilih Solidify Modifier atur thicknes pada 0.8 lalu klik Apply.

8.     Sekarang kita akan membuat obstacle yang lainnya. Klik shift+A pilih Mesh lalu pilih Cylinder dan tempatkan ditengah-tengah lingkaran yang sudah kita buat lalu sesuaikan ukurannya dengan yang kalian mau dengan cara tekan S lalu tekan Z.

9.     Lalu bikin satu lagi cylinder diatas cylinder yang kita buat dan kita hilangkan permukaan atasnya dengan cara yang sama sebelumnya. Setelah itu kita buat lingkaran kecil untuk inflownya, kita letakkan didalam cylinder yang ke-2. Sesuaikan besar lingkarannya dengan lubang cylinder. Dengan itu tempat untuk Air Mancur sudah terbentuk.

10. Langkah selanjutnya yang harus kita buat adalah water containernya. Pertama kita buat lagi satu lalu lebarkan cylindernya sampai menutupi tempat Air Mancurnya dengan cara klik S. Lalu kita sesuaikan ukurannya klik Z terlebih dahulu untuk membuatnya transparant setelah itu klik G+Z untuk menggerakkannya ke sumbu Z lalu S+Z untuk memperbesarnya ke sumbu Z dan kalian tinggal mengatur ukurannya supaya sesuai dengan tempat Air Mancur yang kita buat . Lalu klik Z kembali untuk membuatnya tidak transparant.11. Setelah itu kita ubah bentuk water containernya ke bentuk Wire. Klik Object pada samping kanan atas lalu di Display ganti maximun draw typenya menjadi Wire.

12. Langkah selanjutnya adalah membuat aliran airnya. Pertama pilih lingkaran besar yang pertama kita buat lalu pilih Physics pada samping kanan atas lalu pilih fluid setelah itu ganti Type dan volume initialization menjadi Obstacle dan Shell. Lalukan cara ini pada Cylinder-1 dan Cylinder-2. Lalu pada lingkaran kecil ditengah Cylinder-2 lakukan hal yang sama tapi ganti Typenya menjadi Inflow untuk tempat keluarnya aliran airnya dan pada Inflow Velocity ubah Z nya menjadi 1 supaya airnya keluar pada sumbu Z. Lalu pada water containernya pada fluid pilih typenya Domain setelah itu ganti Resolution Final 150 dan Previewnya 100 lalu pilih dimana tempat kalian akan menyimpan renderan fluidnya dan klik bake. Tunggu selama beberapa menit/jam dan kita telah selesai membuat Aliran Airnya.


No comments:

Post a Comment

Studi Kasus Proses Perancangan Database

Handout Kelompok 6 Studi Kasus Proses Perancangan Database Anggota : -          Adam Aulia ...