1.
Pertama buka aplikasi blender terlebih dahulu ,lalu di menu atas
klik Blender Render dan ubah ke Cycles Render.
2.
Setelah mengubahnya ke Cycles Render kita akan membuat water
container-nya terlebih dahulu. Karna saya ingin membuat container pada air
mancurnya berbentuk lingkaran maka saya hapus terlebih dahulu kubusnya dengan
cara klik X pada kubus yang ada lalu klik Shift+A dan pilih Circle pada Mesh
untuk membuat lingkarannya.
3.
Klik lingaran yang sudah kita buat lalu tekan Tab untuk
mengubahnya ke Edit Mode dan klik F untuk menambahkan permukaan setelah itu
klik Tab lagi untuk mengembalikannya ke Object Mode.
4.
Lalu klik S untuk memperbesar lingkaran dan geser mouse anda
sesuaikan dengan ukuran yang anda mau.
5.
Setelah itu pilih Object Modifiers yang ada disamping kanan atas
dan pilih Solidify Modifier, atur Thicknes pada 0,1 lalu klik Apply.
6.
Lalu klik Tab untuk pindah ke Edit Mode lalu pilih Face Select
dan klik kanan pada lingkaran lalu klik X dan pilih Only Faces untuk menghapus
permukaan atas dan klik Tab lagi untuk kembali ke Object Mode.
7.
setelah itu klik kembali Object Modifiers yang ada di samping
kanan atas lalu pilih Solidify Modifier atur thicknes pada 0.8 lalu klik Apply.
8.
Sekarang kita akan membuat obstacle yang lainnya. Klik shift+A
pilih Mesh lalu pilih Cylinder dan tempatkan ditengah-tengah lingkaran yang
sudah kita buat lalu sesuaikan ukurannya dengan yang kalian mau dengan cara
tekan S lalu tekan Z.
9.
Lalu bikin satu lagi cylinder diatas cylinder yang kita buat dan
kita hilangkan permukaan atasnya dengan cara yang sama sebelumnya. Setelah itu
kita buat lingkaran kecil untuk inflownya, kita letakkan didalam cylinder yang
ke-2. Sesuaikan besar lingkarannya dengan lubang cylinder. Dengan itu tempat
untuk Air Mancur sudah terbentuk.
10. Langkah
selanjutnya yang harus kita buat adalah water containernya. Pertama kita buat
lagi satu lalu lebarkan cylindernya sampai menutupi tempat Air Mancurnya dengan
cara klik S. Lalu kita sesuaikan ukurannya klik Z terlebih dahulu untuk
membuatnya transparant setelah itu klik G+Z untuk menggerakkannya ke sumbu Z
lalu S+Z untuk memperbesarnya ke sumbu Z dan kalian tinggal mengatur ukurannya
supaya sesuai dengan tempat Air Mancur yang kita buat . Lalu klik Z kembali
untuk membuatnya tidak transparant.11. Setelah
itu kita ubah bentuk water containernya ke bentuk Wire. Klik Object pada
samping kanan atas lalu di Display ganti maximun draw typenya menjadi Wire.
12. Langkah
selanjutnya adalah membuat aliran airnya. Pertama pilih lingkaran besar yang
pertama kita buat lalu pilih Physics pada samping kanan atas lalu pilih fluid
setelah itu ganti Type dan volume initialization menjadi Obstacle dan Shell.
Lalukan cara ini pada Cylinder-1 dan Cylinder-2. Lalu pada lingkaran kecil
ditengah Cylinder-2 lakukan hal yang sama tapi ganti Typenya menjadi Inflow
untuk tempat keluarnya aliran airnya dan pada Inflow Velocity ubah Z nya
menjadi 1 supaya airnya keluar pada sumbu Z. Lalu pada water containernya pada
fluid pilih typenya Domain setelah itu ganti Resolution Final 150 dan
Previewnya 100 lalu pilih dimana tempat kalian akan menyimpan renderan fluidnya
dan klik bake. Tunggu selama beberapa menit/jam dan kita telah selesai membuat
Aliran Airnya.
No comments:
Post a Comment